1. Logo federasi sepakbola tidak cocok warnanya dengan warna jersey (Contohnya Indonesia, jersey merah, tapi logo PSSI biru, kan ga cocok kalo dipasang)
  2. Bendera negara memiliki warna yang sama dengan jersey (Bayangin kalo timnas Indonesia pake emblem bendera merah putih di bagian dada jersey-nya, nanti yang keliatan cuma garis putih doang dong?)
  3. Desainnya kurang menarik (Contohnya Spanyol, lebih gagah lambang negaranya kan daripada logo federasi sepakbolanya)
  4. Lambang negara lebih menunjukkan nasionalisme (Di zaman perang dingin, Uni Soviet pakai lambang negara di jersey-nya untuk menunjukkan nasionalisme)
  5. Membentuk persepsi bahwa timnas mewakili bangsa negara, bukan mewakili federasi sepakbola

Sejarah Garuda di Dada Timnas Indonesia
Spoiler for sejarah
Lambang Garuda sudah digunakan di seluruh seragam olahraga Indonesia ketika berlaga di olimpiade internasional sejak 1956. Namun khusus di bidang sepakbola, sudah digunakan 2 tahun sebelumnya yakni tahun 1954 kala timnas Indonesia berangkat ke Cekoslovakia dalam ajang persahabatan.
Hal tersebut adalah permintaan Presiden Pertama Indonesia, Bung Karno, yang memang di masa pemerintahannya dia adalah pemimpin tunggal yang memiliki supremasi luar biasa atas segala aspek di Indonesia.
Alasan Bung Karno memerintahkan pemakaian garuda adalah karena menurutnya, lambang Garuda nan gagah itu lebih memiliki aura yang memancarkan semangat juang di lapangan. Selain itu, lambang ini digunakan supaya seluruh atlet Indonesia memakai lambang yang sama, tidak berbeda-beda di tiap bidang olahraganya.
Itulah manfaat Garuda sebagai identitas bangsa. Kita lihat di jaket olahraga semua pejuang olimpiade SEA GAMES Indonesia, terpampang Garuda yang sama.

Iklan