Perusahaan terkini yang cerdas sudah memiliki DNA branding seperti ini. Perhatikan iklan perusahaan ternama seperti Coca-cola, Unilever, Starbucks dan lainnya. 

Marketing mereka tak sekedar menawarkan produk atau nama perusahaan bahwa mereka adalah yang terbaik.Tapi secara inplisit menanamkan pesan bahwa mereka bukan sekedar nama. Mereka lebih dari itu.

Misalnya iklan Coca-cola memberi pesan bahwa perusahaannya selalu peduli tentang isu-isu sosial terkini. Seorang anak sekolah bercerita di depan kelas tentang pekerjaan ayahnya, “…Pekerjaan ayahku adalah membawa kebahagiaan…” Kebahagiaan di situ adalah penanaman branding jangka panjang tentang DNA perusahaannya yaitu menyediakan kebahagian untuk setiap keluarga di dunia dari segelas Coca-cola.

Contoh lain, produk dari Unilever yaitu pasta gigi Pepsodent. Di iklannya sering menceritakan pesan moral tentang pentingnya kesehatan gigi dikaitkan dengan kebahagian keluarga. Lagi-lagi narasi seorang anak sekolah di depan kelasnya, “…mengingatkan ayah untuk menyikat gigi setiap malam sebelum tidur..”

Lainnya, silahkan Anda perhatikan di kasus-kasus serupa. Jika Anda jeli pasti menemukannya.

Sekian dulu. Semoga bermanfaat.

Salam sukses!

Iklan