Sudah dijelaskan di tulisan saya sebelumnya bahwa blog ini adalah kumpulan coretan kecil tentang pemikiran pribadi dan sarana berbagi hal-hal yang menarik. Saat ini saya dipaksa dengan pekerjaan untuk brutal belajar ‘coding’.

Coding berarti segala hal yang berhubungan dengan bahasa pemrograman dan sintaksis-nya. Pusing dan ruwet rasanya. Dasar saya adalah seni. Eh, malah nyebur (bukan ke sumur ya.. hihihi..) ke bidang yang berhubungan dengan data dan angka-angka. Hadeuhhh…!

Tapi tak apa. Data dan angka juga bagian dari seni logika, seni berpikir. Pemrograman adalah bagian dari seni bahasa.

Saya tergugah oleh artikel di codepolitan.com yang mengatakan bahwa di era global ini pemrograman adalah hal yang sangat penting. Bukan lagi sekedar gaya-gaya-an. Iya dong!

Tuh buktinya perusahaan rintisan alias start-up banyak bermunculan. Ada Go-Jek, Grab, Uber (OK-Jek Net TV bolehlah disebut, hihihii), Tokopedia, Elevania, Bukalapak.com, Trivago, Pegi-pegi.com. Kepopuleran mereka saat ini mengalahkan start-up lain yang sudah lebih dulu eksis di tanah air yaitu OLX, Lazada, Zalora.

Itulah kenyataannya. Peran mereka begitu menentukan. Dibalik itu semua ada para generasi muda hebat yang tak boleh dipandang sebelah mata. Berkat mereka perekonomian jadi menggeliat. Kalau kata Pertamina, ‘semangat terbarukan’. Memang begitulah seharusnya.

Para pemuda hebat setidaknya dibekali ilmu teknologi informasi yang mumpuni dengan disertai mental yang sehat, cerdas dan attitude yang baik pula. Ada Nadim Makarim sang pionir ojek online, Jim Geovedi hacker aliran putih (anggap saja dunia persilatan) yang menguasai pengendalian satelit internasional, dan banyak lagi nama pemuda Indonesia yang patut dibanggakan.

Generasi muda adalah jantung kemajuan bangsa. Mereka sehat, bangsa pun jadi bergairah. Kuasai teknologi sebagai senjata dan pertahanan, juga sebagai dapur utama penunjang ekonomi.

SDA pasti ada habisnya. SDM dapat diperbarui berkali-kali lipat asal diarahkan dengan maksimal.

Ayo para pemuda, mari bangkit! Gerakkan bangsa ini dengan semangatmu yang masih segar. Teruslah berkiprah di dunia internasional. Tunjukkan pada dunia bahwa kita mampu!

Sekian. Salam.

Semangat! 

Iklan