OSIS, singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah, merupakan organisasi untuk mewadahi kegiatan siswa di dalam lingkungan sekolah. 

Para tokoh pendidikan bangsa kita dari zaman awal kemerdekaan sudah cerdas dalam membentuk karakter pendidikan. Salah satu buktinya dengan adanya OSIS.
Dalam artikel kali ini saya hanya menitikberatkan pada bentuk logonya yang sudah terlalu jadul. Para siswa termasuk saya pada waktu sekolah tahun 2002 sudah kurang klik dengan logo ini.

Ini logo organisasi siswa di tingkat sekolah dasar.

Ini tingkat menengah atau SMP.

Ini tingkat atas atau SMA.
Logo-logo di atas sudah usang. Bukannya saya meremehkan pencetus logo tersebut. Ini semata menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Logo-logo lembaga pemerintahan sudah banyak yang diperbarui. Beberapa di antaranya logo Koperasi, PT KAI, Pegadaian, Pertamina, PGN, Telkom, LAPAN dan lainnya.

Bidang desain anak bangsa sudah canggih. Buktinya sudah banyak. Kenapa lembaga pendidikan yang dasar sampai SMA tidak diperbarui logonya? Why?!

Mana kreativitas generasi desain terbaik Indonesia untuk pendidikan? Tunjukkanlah kehebatanmu untuk memajukan Indonesia?

Apalagi sekarang eranya ‘revolusi mental’. Yuk refresh lagi lambang OSIS agar lebih segar dan memunculkan optimisme baru di dunia persekolahan.

Berikut ini saya berikan beberapa contoh logo sekolah di dunia yang patut dijadikan inspirasi.

Logo IPB ini di era zaman sekarang istilahnya ‘legends’. Sederhana saja. Paduan simbol dan tulisan. Tapi ikonik dan tak tergantikan. Tak lekang ditelan waktu.

Ini logo ITB yang banyak melahirkan tokoh penting di Indonesia, salah satunya pendiri bangsa, Ir Soekarno.

Ini contoh logo sekolah menengah di luar negeri, tepatnya Santa Monica, Malibu. Biasa tapi tak membosankan.

Ini agak formal dan statik, tapi gagah dan tak mengecewakan.

Sekian dahulu. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat.

Iklan