Kata Pak Ridwan Kamil, “Jangan menua tanpa karya”. Saya setuju sekali. Ingat-ingat berapa usia Anda sekarang. Hitung berapa sisanya? 

Yap! Saya harus memberi manfaat untuk lingkungan. Sekecil apapun itu, yang penting punya kontribusi positif. Jangan cuma jadi penonton, apalagi cuma berkomentar negatif tapi nihil prestasi.

Ini zaman milenial. Anak muda memegang peran penting dan menentukan arah masa depan. Kata band Superman is Dead, “Jadilah legenda”. Kata ulama Islam, “Hidup mulia atau mati syahid”. Intinya sama, harus punya peran positif untuk kehidupan.

Saya sering mencetak kata-kata bijak ukuran A4 lalu saya tempel di dinding luar rumah supaya bisa dibaca orang-orang yang kebetulan kewat. “Ada-ada saja kamu ini”, seloroh salah seorang tetangga saya.

Tak masalah saya dianggap nyeleneh oleh orang-orang, yang penting tak melanggar hukum. Toh jelas itu dampaknya positif meskipun tampak sepele.

Itu saja ceramah singkat saya kali ini. Lagi-lagi hanya remeh-temeh. Hihihi, yang penting menempel di benak Anda agar memberi pengaruh positif.

Terima kasih sudah mampir di blog saya. Semoga bermanfaat. Salam sukses.

Iklan